Kamis, 18 Agustus 2011

JENUH DI TEMPAT KERJA


JENUH DI TEMPAT KERJA

“Kenapa kamu resign dari kantormu?”..Tanya A
“Karena aku udah tidak kerasan alias jenuh di kantor?” Jawab B

Ehmm percakapan diatas sering kita dengar manakala kita menemukan seorang teman yang keluar dari tempat kerja yang lama.




Setahun kemudian…
“A kamu ada lowongan tidak buat aku”? Tanya B
“Kenapa?” Tanya A
“Aku males banget di kantor sekarang, kerjaanya banyak dan aku sering lembur malam” Jawab B

Kadang kita baru mengetahui kalau banyak sekali manusia yang kurang bersyukur atas nikmat yang sudah di berikan dari Allah kepada hamba-NYA. Kejenuhan ditempat kerja itu sering dialami oleh para pekerja yang sudah duduk lama di tempat kerjanya atau mungkin kejenuhan itu disebabkan karena factor lingkungan ditempat baru walaupun dia belum lama kerja.

Dari berbagai sumber ada beberapa alas an kenapa banyaknya karyawan/pekerja mengalami tingkat kejenuhan yang luar biasa.

1.     1. Bosan karena sudah lama bekerja
 Jenuh dengan rutinitas yang sering dilakukan setiap hari dan monoton. missal Pagi jam 7.00 berangkat  kekantor dan pulang jam 16.00. setiap hari itu dilakukan tanpa adanya variasi didalam kerjanya. Hal ini jelas akan menimbulkan kejenuhan. 

CARA MENGATASI
Untuk mengatasi kebosanan ditempat kerja karena terlalu lamanya kita kerja dikantor tersebut alangkah baiknya kita menciptakan suasana yang membuat kita nyaman. Semisal kita dekor ulang tempat duduk kita, misalkan pindah posisi computer atau tempat duduk. Pajanglah foto-foto keluarga di meja kerja kita. Sehingga apabila boring itu melanda maka dengan sigap kita akan melihat foto keluarga kita. Atau mungkin kita bisa mengadakan acara keluar missal pergi ketempat wisata bersama rekan-rekan kerja. Merubah pola kerja yang monoton mungkin bisa mengurangi kejenuhan dikantor. Misalnya sesekali sesekali kita bisa melihat internet sebantar. Membaca hal-hal yang funny sehingga otak kita akan fresh kembali dan bisa melanjutkan kerja dengan penuh semangat. Bisa dibuat perbandingan setiap kerja 1 jam maka kita buka internet 5-10 menit untuk refreshing. Insyallah membantu.

2.    2.  Banyak tugas yang harus dikerjakan
Banyaknya tugas yang dikerjakan ditempat kerja membuat kita pusing apalagi hasil kerja itu di uber-uber dengan date line. Serasa dunia ini sangat sempit. Apalagi yang notaben-nya kita mungkin kategori pekerja yang pemalas dan tidak suka akan tantangan, atau terbiasa kerja yang santai. Wah dijamin semakin jenuh dikantor. 

CARA MENGATASI
Banyaknya kerjaan dikantor sangat membuat kita pusing apalagi semua dikejar dateline. Langkah yang harus kita lakukan agar semua hasik kerja sesuai dengan jadwal adalah membuat schedule kerja. Mana pekerjaan yang sangat urgent, urgent dan kurang urgent. Maksimalkan waktu seperti mahasiswa yang mengerjakan tugas ujian. Kadang kita tidak mau disibukkan dengan membawa pekerjaan kerumah karena malas dan banyak alas an lain. Oleh karena itu buat jadwal kerja lebih baik. Kalau kita sudah membuat jadwal kerja masih saja keteteran maka langkah akhir yang harus kita lakukan adalah meminta manajemen untuk diberi asisten atau rekan kerja tim. Utarakan maksud dengan baik. Tunjukkan job desk. Tunjukkan bahwa kamu itu karyawan yang rajin dan sangat bantuan untuj menyelesaikan tugas kantor. Insyallah bermanfaat…Nice

3.     3. Gaji yang tidak sesuai
Ehm..alasan itu juga sering kita jumpai terhadap alas an teman yang resign dari kantor lamanya. Seiring bertambahnya pekerjaan atau lamanya kita kerja tanpa diiringi kenaikan gaji yang berarti membuat karyawan akan merasa tidak puas dan akan menimbulkan hasil kerja yang kurang maksimal. Mengeluh dan mengeluh mungkin hanya itu yang bisa dilakukan.

CARA MENGATASI
Dalam masalah diatas maka hal yang baik yang dilakukan adalah menelaah ulang banyaknya pekerjaan yang sudah kita lakukan. coba tanyakan kepada teman-teman yang bekerja dengan profesi yang sama dengan lingkup perusahaan yang sama atau hamper sama. Kalo rata-rata gaji sama dengan anda maka alangkah baiknya anda tidak perlu mengeluh. Atau mungkin coba lakukan kerja yang mamsimal sehingga menghasilkan hasil yang optimal pula, pasti manajamen akan melihat kira. Tapi kalau masih belum ada respon positif maka alangkah baiknya menemui supervisor atau manajemen. Kita utarakan maksud dengan baik bahwa kita sudah bekerja sekian tahun dan jumlah kerja yang kita lakukan. serta hasil kerja yang sudah anda lakukan tanpa adanya kesalahan yang berarti. Insyallah manejemn paham…Bismillah dulu sebelum bicara ya ehhehe

4.     4. Sering lembur
Biasanya kerja lembur itu diterapkan dipabrik yang notaben-nya rotasi kerja yang sangat padat. Tetapi tidak menutup kemungkinan selain perusahaan manufaktur juga sering melakukan kerja lembur. Kalau kita kerja berhubungan dengan pihak ketiga dan pihak ketiga tersebut adalah instansi Negara (bea cukai atau pajak) misalnya. Kita tidak bisa mengelak. Karena tidak mungkin kita memohon mereka untukk kerja cepat. Karena instansi tersebut tidak mungkin hanya melayani kita seorang. Tapi kalau kita kerjanya hanya berhubungan dengan pihak internal tim atau personal diri itu kita bisa tolerir.

CARA MENGATASI
Membuat jadwal kerja apabila hubungan kerja kita hanya berhubungan dengan pihak internal atau personal. Buat prioritas. Kerjalah dengan sungguh dan minimalisasi kesalahan-kesalahan akan mempercepat kerja kita. Kalau ada tim maksimalkan tim kita untuk bekerja semua. Hindari persengktaan antara anggota tim. Buat prosedur kerja bersama.
Kalau kita berhubungan dengan instansi pemerintah / pihak ketiga maka kita tidak bisa apa-apa. Cara kita hanya berdoa sama Allah supaya bapak-bapaknya instansi Negara itu bekerja dengan cepat tanpa ada maslah. Dan mungkin cari referensi lain bisa juga sebagai batu loncatan. Heheh..maaf ya yang ini mentok idenya.. peace ya…

5.     5. Jauh dari rumah
Alas an yang masuk akal. Karena rumah kita jauh dan anda termasuk anak mami jadi tidak mau kos pasti anda akan mengalami kecapean yang sangat. Dan hal itu akan menghasiilkan kerja kurang optimal. 

CARA MENGATASI
Kalau kos anda tidak mau maka langkah yang paling jitu adalah pindah rumah hehhe..bukan bercanda. Yaitu anda bisa membawa kendaraan sendiri kekantor. Usahakan punya kendaraan. Kalau transport vs beli motor misalnya kan sama saja. Mendingan beli motor lebih cepat sampai rumah dan bisa menghindari kemacetan. Karena bisa nyelip-nyelip…(pengalaman pribadi)…. Kalau tidak bisa naik motor wah ini repotnya..mau tidak  mau anda harus kos. Ya mungkin ibuk anda minta tolong menamani seminggu atau berapa hari gitu untuk membiasakan anda adaptasi ditempat baru. Tenang saja mandiri itu enak loch..tidak merepotkan orang tua.. yuhuuuu..

6.     6. Teman kerja / lingkungan kerja yang kurang nyaman
Alasan diatas juga banyak sekali alas an yang banyak diuatarakan. System kerja OK, gaji OK, tidak pernah lembur, dekat rumah, tapi kalau kondisi lingkungan tidak mendukung itu membuat anda jadi tidak kerasan. 

CARA MENGATASI
Kalau semuanya sudah OK dan kondisi lingkungan tidak mendukung alangkah baiknya kita harus menelaah. Apa yang salah dengan kita. Apakah kita termasuk ktegori yang cuek atau kurang bisa menghargai teman-teman sehingga membuat teman-teman kurang suka sama keberadaan kita. Alangkah baiknya kita mengalah untuk sementara waktu. Ciptakan kondisi yang kondusif yang membuat teman-teman suka akan keberadaan kita.  Semisal ada teman yang sering mengadu domba terhadap kita, kita jangan langsung menghakimi dia tapi selidiki kebenarannya baru dibicarakan langsung kedia. Dengan kepala dingin. Insyallah semua akan berjalan dengan baik. Nice ya..

Kalau cara-cara diatas dilakukan insyallah bermanfaat dan memberikan efek positif. Amin..

“hai B wah sekarang kamu makmur ya”?
“hai A alhamdulilah iya,,semua atas saranmu (saran-saran diatas)”? ehhehhehe

SALAM PERDAMAIAN YA AKHI/UKHTI…..NICE…